Peta Sebaran Gunung Api Indonesia

   
   Indonesia termasuk wilayah di muka bumi yang memiliki aktivitas tektonik tinggi, yang memberikan konsekuensi terhadap tatanan geologi yang rumit. Keadaan ini disebabkan letak Indonesia di antara tiga lempeng besar yang saling berinteraksi. Lempeng tersebut adalah lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Ketika pinggiran lempengan India-Australia bertabrakan dengan lempengan Eurasia, lempengan tersebut longsor jauh ke dalam bumi, di bawah Indonesia. Suhu yang sangat tinggi melelehkan pinggiran lempengan sehingga menghasilkan magma. Kemudian magma muncul melalui retakan di permukaan bumi dan membentuk gunung-gunung api. Busur gunung api di Indonesia terbentuk dengan cara tersebut. 

      Gempa bumi umumnya terjadi pada kawasan ini karena lempeng benua mengeluarkan tekanan pada saat lempeng tersebut menurun melalui parit samudra. Gunung-gunung api yang terbentuk dengan cara ini disebut gunung api andesit karena lava yang dikeluarkannya membentuk batu-batu yang disebut andesit. Gunung-gunung api andesit sifatnya sangat mudah meletus dan tak terduga.
   
      Media Pembelajaran di bawah ini menyajikan peta sebaran gunung api di Indonesia. Mari kita mainkan media pembelajaran dibawah ini, semoga bermanfaat untuk anak didik kita.

 

Post a Comment

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming !
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara !

[blogger][facebook][disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget